Tren bersepeda yang muncul di tahun-tahun belakangan ini bukan terjadi tanpa alasan. Artinya, kesadaran kita soal kebugaran tubuh serta impian untuk mengurangi polusi telah meningkat. Jika kamu juga tertarik untuk memulai gaya hidup bersepeda, memilih sepeda yang tepat adalah kunci agar kamu tidak cepat bosan. Untuk kamu yang suka bersepeda di luar kota, atau di medan yang menantang, pilihlah sepeda gunung. Ia telah didesain khusus agar kuat dan tahan saat dibawa melompat-lompat, dan sudah memiliki sistem braking dan handling yang baik. Agar tidak salah pilih, simak 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik di Indonesia 2021, untuk pilihan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup kamu!

Artikel ini terakhir diperbarui pada 28 April 2021

10 Sepeda Gunung Terbaik di Indonesia 2021

1. United Clovis 6.10

United Clovis 6.10

Sepeda gunung terbaik

Yang perlu diperhatikan saat membeli sepeda gunung adalah kemampuan manuver yang baik dan stabilitas yang tinggi. Selain itu, pilihlah sepeda dengan rangka yang terbuat dari bahan yang kuat. Sehingga sepeda tetap tahan saat melakukan lompatan-lompatan di medan yang menantang. Hadir dengan harga yang bersaing, United Clovis 6.10 adalah sepeda yang memiliki semua kualitas tersebut. 

Rangka Alloy Boost yang ringan dan kokoh

Cocok untuk remaja dan dewasa, United Clovis 6.10 memiliki ukuran 27.5 inci. Rangka terbuat dari bahan Alloy Boost yang memiliki karakter ringan, namun bersifat sangat kokoh. Berbeda dengan kebanyakan sepeda lainnya, ia telah menggunakan sistem kabel yang tersimpan di dalam rangka. Tampilannya pun terlihat lebih rapi dan modis. 

12 pilihan kecepatan untuk berbagai medan

Shifter dari Shimano Deore memberikan 12 pilihan kecepatan, cocok untuk berbagai medan yang dipenuhi dengan pendakian atau penurunan curam. Menggunakan sistem Boost Thru Axel, jarak hub ban sepeda diperlebar hingga 148 mm untuk memberikan stabilitas lebih baik, terutama ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Kamu juga bisa mengemudikan sepeda di jalanan off-road yang menantang, berkat sistem rem hidrolik Shimano Seri MT-200 yang sangat pakem. 

Keunggulan:
  • Stabilitas tinggi untuk jalanan menantang
  • Rangka Boost Alloy
  • 12 pilihan kecepatan dari Shimano DEore
  • Rapi dan modis dengan internal cable system
  • Boost Thru Axel

2. Lankeleisi XT600 

Lankeleisi XT600 Sepeda gunung terbaik

Sepeda gunung elektrik terbaik

Tak hanya sepeda perkotaan, sepeda gunung juga ada yang memiliki teknologi elektrik, seperti edisi Lankeleisi XT600 ini. Desainnya keren, ramping, dan tetap tampil kece saat dipakai di area perkotaan. Soal tenaga, ia didukung oleh baterai lithium berkapasitas 10.4aH dan dapat melaju kencang hingga kecepatan 35 km/jam. Kamu bisa menggunakannya dengan mode tanpa listrik, mode listrik penuh, atau dengan mode assistant untuk membantu kamu mengayuh sepeda menjadi lebih ringan. 

Double Braking untuk keamanan lebih baik di turunan terjal

Sepeda listrik ini tahan air dan tetap aman dikemudikan saat hujan. Gowes menjadi lebih asik dengan Smart Display yang menampilkan kecepatan, daya baterai, jarak tempuh, dan masih banyak lagi. Keunggulan lainnya adalah fitur Double Braking System, dimana sepeda memiliki dua buah rem cakram hydraulic pada ban depan dan belakang. Tentunya bersepeda menjadi lebih aman dan nyaman, terutama saat menelusuri penurunan yang curam. 

Keunikan lainnya adalah fitur Front Lighting System, dimana sepeda memiliki lampu depan layaknya sepeda motor. 

Keunggulan:
  • Tambahan tenaga elektrik
  • Hingga 35 km/jam
  • Baterai lithium berkapasitas 10.4aH
  • Rangka aluminium alloy
  • Double braking system
  • Front Lighting System

3. Thrill Ravage Elite

Thrill Ravage Elite Sepeda gunung terbaik

Sepeda gagah dengan kapabilitas premium

Termasuk dalam kategori sepeda gunung elit seperti namanya, Thrill Ravage Elite adalah salah satu pesaing terberat United Clovis 6.10. Ia hadir dengan desain yang lebih stand out, dengan warna abu-abu gelap dan lekukan-lekukan rangka yang terlihat gagah. Namun, kedua sepeda memiliki banyak kesamaan spesifikasi seperti rangka Alloy Boost yang kokoh, shifter Shimano Deore 12 kecepatan, dan sistem rem Shimano Hydraulic yang tentunya sangat pakem. 

Keunggulan:
  • Desain gagah
  • Butted Alloy Frame Boost TA
  • 12 kecepatan
  • Rem hydraulic
  • Internal routing cable

4. United Genio M-348

United Genio M-348

Cocok untuk medan yang tidak terlalu berat

Populer sejak tahun 2020, United Genio M-348 adalah sepeda gunung yang cukup murah dan cocok untuk semua kalangan. Digadangkan sebagai sepeda terbaik di kelasnya, ia sudah dibekali dengan rangka Full Alloy yang kuat dan tahan banting. Shifter dari Shimano Tourney memberikan pilihan kecepatan 3×8, sementara rem cakram mekanik memberikan keamanan yang cukup saat berkendara di jalanan curam. 

Suspensinya menggunakan Genio Susp Travel 100mm memberikan keseimbangan yang baik. Secara keseluruhan, United Genio M-348 ini cocok untuk kegiatan keseharian atau olahraga akhir pekan di medan yang tidak terlalu berat. 

Keunggulan:
  • Populer sejak tahun 2020
  • Harga terjangkau
  • Rangka Full Alloy
  • Cocok untuk keseharian dan medan yang tidak terlalu berat

5. Sepeda Gunung Polygon Siskiu D5

Sepeda Gunung Polygon Siskiu D5

Hadapi medan offroad dengan berani

Pecinta sepeda pasti sudah mengenal Polygon, merk sepeda premium yang kualitasnya tak perlu dipertanyakan lagi. Hadir dengan desain lebih berwarna, edisi Siskiu D5 ini tetap memberikan nuansa kalem, namun memiliki kapabilitas impresif untuk medan yang offroad yang menantang. Rangka terbuat dari bahan Alloy seri ALX dari Polygon yang ekstra kuat dibandingkan sepeda lainnya. Transmisi menggunakan Shimano Alivio 9×2 yang sangat simpel dan mudah dioperasikan. 

Dibekali dengan suspensi travel 120mm yang lebih tinggi dan memiliki fitur lock, sepeda memberikan stabilitas yang sangat baik melalui lompatan-lompatan terjal. Dan, rem cakram hydraulic Polygon tentunya juga memberikan tingkat kepakeman yang tinggi. 

Keunggulan:
  • Cocok untuk medan offroad yang menantang
  • Rangka Alloy ALX Polygon ekstra kuat
  • Shimano Alivio 9×2 yang mudah dioperasikan
  • Suspensi travel 120mm 
  • Rem cakram hydraulic

6. Pacific Aquila 2.0 

Pacific Aquila 2.0

Handling lebih baik untuk jalanan berbelok

Dibuat oleh anak bangsa, Pacific sudah dikenal sebagai salah satu produsen sepeda top di Indonesia, tak terkecuali edisi Pacific Aquila 2.0 ini. Dirancang untuk menempuh berbagai lintasan termasuk offroad ringan, sepeda ini memiliki kemampuan traksi dan handling lebih baik. Rangkanya menggunakan alumunium 6061 MTB XC dan sudah didesain dengan internal cable routing. 

Rentang transmisi yang tinggi diperlukan untuk menghadapi lintasan yang berliku dan menantang, dan Pacific Aquila sudah hadir dengan 16 pilihan kecepatan. Uniknya, ia dibekali dengan fitur Suspensi Lock yang dapat kamu ‘kunci’ untuk pemakaian di jalan yang lebih rata. 

Keunggulan:
  • Handling lebih baik
  • 16 pilihan kecepatan
  • Internal cable routing
  • Suspensi lockout

7. Bike N Bike BNB King

Bike N Bike BNB King

Cocok untuk penggunaan sehari-hari

Selain menyehatkan, bersepeda di akhir pekan dapat menghilangkan stress dan membuat kamu lebih bahagia. Wujudkan impian gowes kamu bersama BNB King, sepeda kece dengan fitur-fitur yang mumpuni untuk harganya yang cukup murah. Ia memiliki ukuran ban 27.5 inci dan cocok digunakan untuk biker yang memiliki tinggi 165 cm hingga 180 cm. 

Baik kamu suka bersepeda di jalanan perkotaan maupun luar kota melalui pendakian curam, 18 pilihan kecepatan dari shifternya membuat kamu lebih leluasa. Terlebih lagi, remnya sudah dilengkapi dengan sistem hydraulic disc brake yang pakem untuk turunan curam. Dengen membeli sepeda ini, kamu akan mendapatkan bonus helm sepeda gratis juga, lo!

Keunggulan:
  • Cocok untuk penggunaan sehari-hari
  • 18 speed
  • Gratis helm

8. Alton Mountain Bike Challenger 

Alton Mountain Bike Challenger

Sepeda cross country murah yang bagus

Bersepeda di jalanan pegunungan atau cross country yang curam dapat meningkatkan stamina dan kekuatan kaki kamu untuk mengayuh. Untuk itu, Alton Mountain Bike Challenger ini bisa menjadi teman terbaik untuk mencapai impian kebugaran kamu. Bagaimana tidak, ia memiliki 27 pilihan kecepatan dan rangka yang ringan sehingga memberikan kenyamanan pada medan yang sulit. Terlebih lagi, ia sudah memiliki suspensi lockout yang bisa dikunci saat di jalanan perkotaa. 

Keunggulan:
  • Cocok untuk jalanan cross country
  • 27 pilihan kecepatan

9. AVIATOR 2960 XT

AVIATOR 2960 XT Sepeda Gunung Terbaik

Sepeda sehari-hari dengan suspensi yang baik

Aviator 2960 XT adalah salah satu pilihan sepeda gunung terbaik untuk rentang harga Rp. 1 jutaan. Ia dibekali dengan transmisi Skilful 3×8, rem cakram mekanik, dan suspensi travel berukuran 120mm. Fitur-fitur tersebutlah yang membuat sepeda ini stand out untuk dibawa ke jalanan cross country. Ia memiliki ukuran 27.5 dan cocok untuk semua kalangan. 

Keunggulan:
  • Harga terjangkau
  • Suspensi bagus untuk harganya

10. Sepeda Gunung Atlantis AT MT

Sepeda Gunung Atlantis AT MT Terbaik

Sepeda budget terbaik

Hadir dengan harga paling murah di daftar ini, sepeda Atlantis ini juga tidak kalah bagus. Dengan tinggi 26 inci, ia cocok digunakan oleh biker yang memiliki tinggi di bawah 170 cm. Ia telah disertifikasi SNI dan memiliki cakram pada dua roda depan dan belakang untuk braking yang pakem. Kamu bisa memilih diantara 21 kecepatan (7×3) yang memberi kebebasan saat gowes di jalanan terjal. 

Keunggulan:
  • Cocok untuk semua kalangan
  • Rem cakram depan belakang
  • 21 kecepatan

 

FAQ

Apa saja merk sepeda gunung terbaik di Indonesia?

Menawarkan berbagai jenis sepeda dengan kualitas premium yang bersaing, pabrikan United dan Polygon adalah beberapa merk sepeda terbaik di Indonesia saat ini.

Bagaimana cara memilih sepeda gunung yang baik?

Sebelum menentukan sepeda gunung yang ingin kamu beli, kenali dulu kebutuhanmu untuk membeli sepeda. Apakah untuk dipakai di area perkotaan, cross country, atau trek offroad yang menantang. Semakin berat medan yang harus dilalui, semakin tinggi spesifikasi handling, braking, serta kekuatan rangka sepeda yang dibutuhkan.

Dimana tempat berbelanja sepeda gunung terbaik di Indonesia?

Kita terbiasa membeli perlengkapan rumah tangga di toko secara langsung, padahal harga sepeda gunung terbaik di toko online jauh lebih murah dibandingkan toko offline. Dari semua marketplace online di Indonesia, Shopee adalah rekomendasi kami untuk membeli alat elektronik rumah tangga. Selain harga yang lebih murah, pilihan di Shopee juga jauh lebih banyak!

 

Semoga rekomendasi 10 Sepeda Gunung Terbaik di Indonesia ini dapat membantu kamu untuk menemukan pilihan sepeda gunung terbaik yang tepat sesuai kebutuhanmu. Baca juga rekomendasi produk rumah tangga lainnya di webite kami. Jika kamu menganggap tulisan ini berguna, silahkan bagikan terhadap teman dan kerabat kamu ya. Tunggu rekomendasi-rekomendasi lainnya!


This post was brought to you by The Wedding Vow.

Disclosure: All opinions remain the writer’s own. There may be paid or sponsored mentions in the above article, but we believe in honesty of relationship, opinion, and identity. We will only recommend services that we have tried and tested ourselves or have done extensive research and find them to be useful recommendations. For more information, kindly refer to our copyright & disclosure policy.

To get featured on The Wedding Vow, email [email protected] for advertising, [email protected] for media content.

Source link