Semua foto oleh: Amorphotoworks

Anda dan pasangan sedang memikirkan untuk menyelenggarakan acara lamaran sebelum melangsungkan pesta pernikahan? Di tradisi tertentu acara lamaran menjadi rangkaian dari momen pesta pernikahan yang berlangsung menjadi satu kesatuan. Tujuannya adalah untuk mengenalkan kedua mempelai ke keluarga besar kedua pihak dan juga mempertemukan dua keluarga di satu acara. Kesemuanya adalah untuk memberi restu bagi kedua calon pengantin dan mendoakan mereka agar rangkaian acara pesta pernikahan mereka dapat berjalan lancar.

Namun sebelum mempersiapkan acara lamaran tersebut, Anda berdua tentunya harus memikirkan apa-apa saja yang harus dipersiapkan dan berapa bujetnya. Semuanya tergantung di mana Anda berdua akan melangsungkannya dan berapa banyak tamu yang akan diundang. Tentunya semuanya harus memenuhi syarat protokol kesehatan di masa pandemic sekarang ini. Yuk, sima apa-apa saja yang harus Anda berdua persiapkan untuk melangsungkan acara lamaran Anda berdua.

Pertama Venue Acara Lamaran dan Makanan Untuk Menjamu Kedua Pihak Keluarga

Bisa dikatakan acara lamaran menjadi tes bagi Anda berdua untuk mempersiapkan pesta pernikahan dalam skala yang kecil. Pertama tentunya Anda berdua harus menentukan dimana acara tersebut akan dilangsungkan. Apakah di rumah calon pengantin wanita atau di venue lain seperti hotel atau tempat lainnya. Jika Anda akan melangsungkan acara lamaran di venue lain selain rumah, tentunya akan ada bujet untuk menyewa ruangan dan mempersiapkan hidangan untuk para tamu. Sebaliknya jika diadakan di rumah, Anda perlu memesan katering untuk menyiapkan hidangan bagi tamu Anda.

Anda Perlu Mempersiapkan dan Membawa Hantaran

Ada unggah-ungguh tradisi Jawa yang mengatakan bahwa membawa hantaran menjadi salah satu cara untuk membuka pintu silaturahmi kedua keluarga calon mempelai. Ada bedanya antara hantaran di acara lamaran dengan seserahana pesta pernikahan nantinya. Saat mempertemukan kedua pihak keluarga, isi hantaran yang diberikan berupa buah tangan atau oleh-oleh dari pihak pria untuk keluarga pihak wanita. Biasanya Anda perlu menyiapkan hantaran berupa makanan tradisional, camilan, atau buah-buahan. Intinya Anda tidak datang atau bertemu dengan keluarga calon pengantin Anda dengan tangan kosong kan?

Tampil Serasi Berdua Perlu Bujet Sendiri

Sebagai calon pengantin di acara lamaran, Anda berdua tentunya ingin tampil serasi dengan warna senada. Sang wanita perlu membuat kebaya atau gaun lamaran dan sang pria mencari atau membuat kemeja dengan warna senada. Tentunya kesemua ini butuh bujet tersendiri yang harus Anda berdua persiapkan.

Membawa Cincin Tanda Pengikat Di Acara Lamaran

Anda sebagai pria datang ke rumah keluarga wanita untuk melamar tentunya Anda cukup serius untuk ‘mengikat’ pasangan yang akan Anda nikahi nanti. Oleh karena itu, membawa cincin lamaran menjadi tanda keseriusan Anda untuk melangsungkan hidup berumahtangga bersama dengan pasangan yang And lamar kelak. Cincin lamaran tidak perlu sepasang, cukup untuk dikenakan sebagai simbol bagi sang calon pengantin wanita. Anda juga bisa membawa kalung sebagai perhiasan yang akan dikenakan oleh ibu Anda untuk calon pasangan Anda.

Dekorasi Acara Lamaran Sama Pentingnya

Tentu saja dimanapun Anda akan melangsungkan acara lamaran, dekorasi untuk mempercantik venue menjadi salah satu unsur penting agar ruangannya tidak biasa saja. Bunga-bunga berwarna-warni dapat mempercantik ruangan, nama Anda berdua bisa menjadi latar pemoretan bagi Anda berdua, keluarga, dan teman-teman undangan Anda.

Make-up Untuk Sang Calon Pengantin Wanita dan Ibu

Sebetulnya Anda bisa merias wajah sendiri dan tidak memerlukan make-up artis untuk mempercantik diri. Tapi acara lamaran menjadi salah satu momen dari rangkaian pesta pernikahan yang tentunya Anda sebagai calon pengantin tidak akan melewatkan momen istimewa dengan penampilan biasa saja. Juga untuk Ibu Anda yang tentunya juga ingin tampil istimewa menyambut kedatangan keluarga besan.

Foto Dan Video Dokumentasi Acara Lamaran

Acara lamaran akan menjadi acara yang mungkin akan Anda berdua langsungkan seumur hidup sama seperti dengan pesta pernikahan Anda. Oleh karena itu, momen-momen seperti ini perlu didokumentasikan untuk menjadi cerita Anda berdua kepada anak cucu kelak. Dokumentasi momen kehidupan adalah hal penting bagi sejarah kehidupan Anda berdua. Jangan punya pikiran dokumentasi acara lamaran itu tidak perlu atau ‘asal ada saja’.

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *