Kegemukan Banyak Dialami Pengantin Baru

Pernikahan bukan hanya mendatangkan kebahagiaan tapi juga kegemukan. Para ahli gizi menyebutkan kenaikan berat badan adalah hal yang sering dialami pasangan suami istri terutama pada 5 tahun pertama pernikahan mereka.

Kegemukan Banyak Dialami Pengantin Baru

Di Inggris, para wanita yang baru menikah rata-rata mengalami kenaikan berat badan hingga 9,lima kilogram dalam satu tahun pertama. Sementara pada Amerika Serikat menurut studi, seorang istri akan mengalami pertambahan bobot hingga 4 kilogram pada lima tahun pertama dibandingkan wanita yang masih lajang.

Dr.Helen Fisher, pakar antropologi hayati, berkata perubahan zat kimia pada otak berpengaruh pada kegemukan para pengantin baru ini. Dalam pemindaian otak yg dilakukannya diketahui bahwa hal baru yang dialami bersama-sama memakai pasangan membentuk otak mengeluarkan hormon senang .

“Hal baru yang dialami pasangan pengantin baru memicu sistem dopamin di otak dan membuat tubuh lebih berenergi sehingga kita lebih aktif,” katanya.

Akan tetapi, perasaan nyaman yang dimiliki para pengantin baru ini memberi efek pengeluaran oksitosin atau hormon cinta yang berkaitan dengan perasaan keterikatan. Karena hormon ini meningkat, hormon dopamin pun tergusur. Padahal hormon dopamin yang tinggi akan membuat siapa pun rajin bergerak.

Selain faktor hormonal faktor lain yang membuat berat badan cepat bertambah adalah diet ketat yang dilakukan calon pengantin perempuan. Menurut para ahli nutrisi diet ketat seperti itu justru akan memperlambat metabolisme sehingga saat pola makan kembali normal berat badan cepat meningkat.

Kemudian setelah menikah kebanyakan wanita mengikuti pola makan suaminya. Hal ini antara lain karena pasangan baru menikah sering menghabiskan waktunya untuk makan bersama. Selain itu para istri juga umumnya rajin memasak untuk pasangannya.

Kendati begitu pasangan pengantin baru bisa memanfaatkan waktu mereka berdua untuk berolahraga bersama atau mengikuti aktivitas hobi yang melibatkan aktivitas fisik.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: