Mau Tahu Enaknya Menikah

Penelitian menemukan informasi, menikah membantu orang menjaga kesehatan jantungnya.

Penelitian melibatkan tiga,lima juta orang, yaitu menilik berita lapangan kesehatan dari rekam medis juga hasil pengecekan tubuh(scan) menurut sejumlah pasien per 2003-2008. Rata-rata usia mereka merupakan 64, hampir 2 pertiganya wanita

Mereka memberi informasi tentang kebiasaan merokok, diabetes, riwayat penyakit keluarga, obesitas, olahraga dan faktor lainnya.

Hasilnya, pada mereka pasangan yang menikah, risiko gangguan kesehatan jantung berkurang sebesar 5%, risiko terkena penyakit arteri perifer yaitu yang mempengaruhi suplai darah ke kaki yaitu lebih rendah 19%, mereka juga memilki risiko lebih rendah 19% terkena penyakit serebrovaskular, yaitu gangguan aliran darah ke otak yang sebabkan stroke.

Tidak hanya itu, mereka pasangan yang menikah memiliki kemungkinan 9% lebih kecil terkena eneurisma aorta perut, yaitu menyebabkan pembuluh dara utama tubuh pecah. Manfaat yang lebih besar yaitu pada istri usianya bawah 50, memiliki risiko 12% lebih rendah.

“Ini mungkin bahwa jika seseorang menikah, mereka memiliki pasangan yang mendorong mereka untuk merawat kesehatan lebih baik ketimbang ketika mereka sendiri,” kata Jeffrey Berger, ahli jantung di NYU Langone Medical Center di New York yang memipin penelitian.

“Jika salah satu pasien saya baru saja menjanda atau bercerai, aku semakin waspada tentang memeriksa tanda-tanda dari setiap jenis penyakit jantung dan depresi ,” sambungnya seperti melansir dailymail, Minggu (31/3/2014).

Dokter Carlos Alviar, ahli jantung dan juga yang memimpin penelitian mengatakan, ini adalah penelitian terbesar yang pernah ada untuk mengkaitkan pernikahan dan kesehatan jantung.

“Hubungan antara pernikahan dan kemungkinan lebih rendah dari penyakit pembuluh darah lebih kuat antara subyek yang lebih muda, yang kita tidak mengantisipasinya,” katanya .

Temuan muncul menjelang presentasi pada pertemuan komite pencegahan penyakit jantung American College of Cardiology di Washington.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *