Tindakan Suami-Istri yang Datangkan Pahala Besar

Sungguh senang pasangan yang sudah mengikat janji kudus pada mahligai pernikahan. Selain bernillai ibadah, Islam jua sangat menjunjung tinggi pahala bagi mereka yang sudah menikah. Terlebih lagi bagi mereka yg menjalani hubungan berlandaskan syariat.

Banyak hal yang dilakukan pasangan suami istri buat mewujudkan keluarga yg senantiasa berada dalam jalan Allah. Mulai dari beribadah beserta, mendidik butir hati mereka menjadi anak yg beriman, dan lain sebagainya.

Namun ternyata, selain melaksanakan hal tadi terdapat perbuatan-perbuatan sepele yg mungkin jarang dilakukan oleh suami & istri tetapi memiliki keistimewaan pada mata Allah SWT. Perbuatan misalnya apakah itu? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Saling Memandang

Hal sepele pertama yg ternyata mempunyai nilai besar dalam mata Allah SWT adalah ketika suami dan istri saling memandang. Mungkin hal ini terkesan remeh & sepele, menjadi akibatnya poly orang yang merasa tidak perlu untuk melakukannnya. Bahkan sehabis menikah, mereka jadi kikuk buat melakukan hal tadi terhadap pasangannya. Rasulullah SAW bersabda:

?Sesungguhnya ketika seorang suami memperhatikan istrinya & istrinya memperhatikan suaminya,? Kata Nabi Saw. Mengungkapkan, ?Maka Allah memperhatikan mereka berdua menggunakan perhatian penuh rahmat.? (Diriwayatkan Maisarah bin Ali dari Ar-Rafi? Berdasarkan Abu Sa?Id Al-Khudzri r.A.)

2. Bergenggaman Tangan

Mungkin poly pasangan yg enggan buat menggenggam satu sama lainn waktu berjalan ataupun berada dalam pada tempat tinggal . Padahal jika diketahui, terdapat pahala luar biasa berdasarkan Allah SWT. Ternyata menggenggam tangan pasangan sanggup menghapuskan dosa. Pernyataan ini sinkron menggunakan Sabda Rasulullah SAW.

??Manakala suaminya merengkuh telapak tangannya (diremas-remas), maka berguguranlah dosa-dosa suami-istri itu dari sela-sela jari-jema-rinya.? (Diriwayatkan Maisarah bin Ali dari Ar-Rafi? Dari Abu Sa?Id Al-Khudzri r.A.)

tiga. Membelai Istri

Selain menggenggam tangan satu sama lain, ternyata tindakan sepele yg mendatangkan pahala menurut Allah SWT merupakan membelai istri. Hal ini kerap kali dilakukan oleh Rasulullah SAW kepada istrinya. Beliau senantiasa memberikan hak istri yakni untuk diperhatikan

“Rasululloh SAW biasa setiap hari tidak melupakan untuk mengunjungi kami (para istrinya) seorang demi seorang. Beliau menghampirinya dan membelainya, sekalipun tidak mencampurinya, sehingga sampai ke tempat istri yang tiba gilirannya, lalu bermalam di situ.” (HR. Abu Dawud)

4. Membantu Pekerjaan Istri di Rumah

Hal sepele selanjutnya yang mendatangkan pahala dari Allah SWT adalah dengan membantu pekerjaan istri di rumah. Mungkin banyak suami yang enggan dan gengsi melakukan tindakan ini karena menganggap semua itu merupakan kewajiban istri saja. Namun sebenarnya membantu pekerjaan istri di rumah itu merupakan salah satu sunah Rasulullah..

Al-Aswad bin Yazid bertanya kepada Aisyah, “Apa yang biasa dilakukan Nabi s.a.w. di dalam rumah?” Aisyah menjawab, “Beliau biasa membantu pekerjaan istrinya. Bila tiba waktu shalat, beliau pun keluar untuk mengerjakan shalat”. [H.R. Bukhari]

5. Bercanda Antar Pasutri dan Anak

Hal terakhir yang mendatangkan pahala dari Allah SWT namun dianggap sepele oleh pasangan suami istri adalah bercanda antar pasangan dan anak mereka. Mungkin ada orangtua yang selalu memang tampang sangar di depan pasangan masing-masing dan buah hatinya. Namun, mulai sekarang hindarilah hal tersebut dan tertawalah bersama karena hal ini tidak dihitung sebagai kesia-siaan.

”Segala sesuatu yang dijadikan permainan oleh anak Adam adalah bathil, kecuali tiga perkara, melepaskan panah dari busurnya, latihan berkuda, dan senda gurau (mula’abah) bersama keluarganya, karena itu adalah hak bagi mereka.” (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Kabir , Silsilah As-Shahihah no. 309) (8/7).

Demikianlah ulasan mengenai perbuatan-perbuatan sepele suami istri yang mendatangkan pahala besar dari Allah SWT bahkan menjadi sunnah Rasulullah SAW. Setelah mengetahui hal ini mungkin akan banyak pasangan suami istri yang mempraktekkan di rumah agar rumah tangga mereka semakin harmonis.

%d blogger menyukai ini: